Post Top Ad

Post Top Ad

5 Manfaat Lubang Biopori bagi Lingkungan

Hi, Dears! Sudah lama banget aku hiatus nulis di blog, gegara masalah teknis dan yang lain akhirnya bikin mood turun drastis. Mudah-mudahan kedepannya bisa eksis lagi didunia perblog-an ini. Cus, lah! Lanjut bahas si biopori yang menurutku berguna sekali untuk diterapkan.

Pasti banyak yang bertanya-tanya biopori itu apa sih? Nah, menurut KBBI sendiri biopori ialah lubang buatan untuk resapan air yang berisi sampah organik di dalam tanah. Kamir Raziudin Brata selaku penemu teknologi LRB atau Lubang Resapan Biopori ini sangat multi guna, mudah diaplikasikan semua orang, dan murah.

gambar-lubang-biopori-dan-lingkungan-hijau


Manfaat Biopori Tanah bagi lingkungan

Inovasi teknologi biopori telah teruji secara empiris di sejumlah lokasi yang mengimplementasikan dengan baik, maupun via ilmiah pada lahan percobaan semenjak 1993. Apa saja faedah terobosan ini? Mari kita lihat uraiannya di bawah sini.

1. Cegah Genangan Air dan Banjir

Diantara segudang manfaat lubang resapan biopori salah satunya yaitu mencegah banjir serta genangan air di halaman rumah atau dilingkungan rumah dan daerah lainnya. Tentunya pencegahan tersebut mampu dilakukan apabila program LRB dilaksanakan dengan benar.

Melalui lubang resapan ini air yang tergenang akan mengalir ke tanah sehingga banjir pun bisa dicegah atau mengurangi risiko fatal. Adanya biopori menjadi alternatif saluran air tempat drainase, biasanya selokan berguna mengalirkan air ke suatu titik sementara LRB menyerap air ke tanah.

2. Sampah Organik Berkurang

Limbah dapur umumnya berakhir di TPA (Tempat Pembuangan Akhir) kemudian menumpuk di sana, berbeda akhirnya jika menggunakan biopori sebab sampah tersebut masuk ke lubang lalu berubah jadi kompos. Penerapan ini juga mengajarkan warga untuk bedakan limbah anorganik dan organik.

Secara otomatis limbah sampah yang di buang ke lubang resapan menjadi opsi terbaik daripada menimbun di TPS. Bagaimana tidak?! Coba Anda perhatikan tumpukan limbah dapur yang dibuang warga di TPU/TPS pastinya sangat tidak elok dipandang mata serta aroma yang tidak sedap pun menguar kemana-mana.

Beda ceritanya jika ditaruh ke dalam biopori kendala bau tak sedap dan penimbunan sampah teratasi dengan baik. Sementara sampah anorganik dapat dibuat daur ulang hingga menjadi produk bermanfaat lainnya.

3. Murah Meriah

Mungkin yang membuat sebagian orang ragu membuat lubang biopori mengira biayanya mahal, padahal Anda bisa membuatnya sendiri menggunakan pipa ataupun beli jadi dipasar online banyak yang menjualnya dengan harga terjangkau.

Jadi jika Anda memutuskan mau bikin sendiri maka cukup beli tutup pipa dan pipa diameter 10-30 cm potong-potong sepanjang 1 meter, kemudian lubangi pipa tersebut, Tada!!! Pipa LRB sudah jadi. Aplikasikan sehingga manfaat yang didapatkan dari biopori untuk penyelamatan lingkungan segera Anda rasakan.

4. Pupuk Organik

Kelebihan lainnya dari lubang resapan yakni menghasilkan pupuk organik, mengapa demikian! Sebab sampah berupa daun kering serta limbah organik lainnya yang berada dalam lubang akan menghasilkan mikroorganisme alhasil jadilah pupuk tanah berkualitas tinggi.

Manfaat biopori untuk tanah ini sangat baik diterapkan apalagi buat kamu yang punya hobi bercocok tanam, pupuk kompos alami tersebut sangat bagus dalam menyuburkan tanah pastinya tumbuhan dapat berkembang biak dengan sehat dan baik.

5. Meningkatkan Kualitas dan Cadangan Air Tanah

Bukan hanya cuaca ekstrim tepatnya musim panas atau kemarau yang melanda bumi jadi hal utama cadangan air menurun, pemicu lainnya yaitu tempat resapan seperti area hijau makin sempit tak ayal volume air yang meresap berkurang signifikan pun dengan kualitasnya yang makin mengkhawatirkan.

Pengolahan limbah kimia yang buruk sehingga terjadi pencemaran dimana-mana, lingkungan tidak dirawat dengan baik bahkan diabaikan, ditambah tata letak pembangunan yang sembrono. Perkara ini sangat berpengaruh pada menyusutnya kualitas air di wilayah itu.

Jika warga sekitar memanfaatkan teknologi LRB tentunya membantu mengatasi masalah tersebut. Adanya biopori air yang masuk akan terserap dengan baik sehingga kualitas air meningkat dan hal ini berlaku terhadap cadangan air juga.

Sejumlah penjelasan di atas mungkin sudah bisa Anda pahami betapa keberadaan biopori sangat bermanfaat bagi kita dan lingkungan. Sekian ulik tentang manfaat lubang biopori bagi lingkungan next artikel baca lagi ya, ulasan lainnya.


No comments:

Post a Comment